Tuesday, December 26, 2017

Macam - Macam Media Ternak Lele untuk pemula | mudah dan berkualitas

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang masih banyak dibutuhkan di pasaran saat ini.  pembudidayaannya juga mudah dan murah . makanya ikan lele masih menjadi komoditas di pasaran . selain itu karena banyaknya permintaan pasar , menjadikan pemasaran ikan lele jadi sangat mudah . lele dapat diternak di berbagai tempat atau media . apa sajakah itu ? berikut ulasannya .

Image result for ternak lele menggunakan tong
1. Dengan menggunakan tong
media ini sangat lah efektif untuk memangkas modal . karena harga tong yang yang tidak begitu mahal . hanya kisaran harga 200 rb - 300 rb an . ditambah media ini juga memudahkan kita dalam memanen karena tinggal menyurutkan air dalam tong , maka lele akan mudah diangkat . selain itu , media ini juga tidak terlalu memakan banyak tempat sehingga cocok bagi anda yang memiliki lahan yang pas - pasan . 

2. Membuat Kolam dari semen

kolam semen merupakan salah satu media yang tepat untuk berternak lele . mengapa ? karena kita mudah mendapatkannnya , hanya tinggal membuatnya saja . media ini dibuat sesuai lahan . media ini juga sangat mudah jika ingin dibersihkan , tinggal kosongkan airnya saja lalu bersihkan deh . media ini juga fleksibel dapat dibuat dimana saja seperti di samping rumah , halaman rumah , dekat sawah dll tergantung letak lahannya .

3. Ternak di Akuarium
ini merupakan salah satu cara yang dapat anda terapkan di rumah masing - masing . caranya cukup mudah , anda hanya tinggal menyiapkan akuarium + bibit lele . lalu setelah itu ? rawat lah lele tersebut dengan sebaik - baiknya di akuarium tersebut . cara ini cukup efisien dan murah . ditambah kita juga bisa memantau perkembangan lele kita setiap hari . tips dari saya , kalau pake media ini sering sering dikuras airnya agar warna airnya tidak butek 

tidak bosan saya menyampaikan kreativitas dan inovasi sangat berperan penting dalam budidaya ini . mengapa ? karena dengan 2 hal tersebut kita bisa menciptakan sesuatu yang baru yang kemudian dapat membantu kegiatan kita . atau merubah sesuatu yang telah ada menjadi lebih modern . 

Thanks for visiting . jangan lupa like dan share ya ^-^



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon