Monday, January 22, 2018

Belajar aquaponik | cara ternak ikan dan berkebun dalam satu sistem

aquaponik itu apa sih ?
aquaponik merupakan teknologi terbaru dalam bidang pertanian dan perikanan yang menggabungkan antara aquakultur (yang basisnya kolam) dengan hidroponik dalam kesatuan sistem yang sangat menguntungkan . jadi semacam simbiosis mutualisme lah . kalo berbicara soal aquaponik sama saja berbicara tentang sirkulasi . aquaponik itu memanfaatkan sirkulasi dalam sistemnya . dari kolam ke tanaman balik lagi ke kolam . maka dari itu mesin pompa sangat berperan penting dalam sistem ini . penyediaan air yang optimal juga menunjang untuk keberhasilan sistem ini .


bagaimana cara kerjanya ?
seperti yang saya katakan diawal , teknologi aquaponik ini merupakan simbiosis mutualisme . yang berarti ada hubungan yang saling menguntungkan antara ikan dan tanaman .
jadi gini , tanaman itu kan perlu kotoran hewan agar tanaman tersebut subur , sedangkan ikan perlu asupan air bersih agar ikan tersebut tetap sehat . jadi semacam saling membutuhkan lah .

Berikut penjabaran cara kerjanya :
1. ikan itu pasti makan kan . kemudian makanan tersebut masuk ke dalam tubuh ikan dan dicerna dan akhirnya menjadi kotoran atau feses . lalu finalnya air pada kolam tersebut tercampur dengan kotoran ikan .
2. air yang bencampur kotoran tersebur disedot oleh pompa air melewati pipa - pipa .
3. setelah air yang bercampur kotoran ikan tersebut mencapai pompa air , pompa air segera memompanya ke atas mengarah ke tanaman diatasnya .
4. air yang bercampur kotoran ikan tersebut mencapai tanaman . kotoran ikan berhenti disitu sedangkan air menjadi bersih karena kotoran ikan sudah tersaring di tanaman tersebut .
nb : mengapa kok airnya bisa bersih ? seperti yang dikatakan diatas aquaponik merupakan perpaduan antara aquakultur dan hidroponik . sedangkan tanaman hidroponik itu biasanya menggunakan pasir atau kerikil untuk media tanamannya . ini masuk akal karena pasir atau kerikil merupakan media yang sangat bagus untuk menyaring air . jadi begitu penyebabnya
5. air yang sudah bersih tersebut kemudian di aliri kembali ke kolam ikan melewati pipa - pipa . dan hasil nya air kolam selalu bersih setiap saat .

tips mendapatkan 2 keuntungan dengan aquaponik :
➽ untuk budidaya ikan
saya menyarankan untuk berbudidaya ikan yang mudah serta murah meriah untuk dibudidayakan . selain itu , ikan yang dibudidayakan juga harus mudah dipasarkan agar nantinya tidak sulit saat memasarkannnya . terakhir , saya menyarankan juga agar ikan yang dibudidaya dipastikan permintaan pasarnya besar . kenapa ? karena dengan begitu ikan yang kita budidayakan akan lebih mudah laku dipasaran . nah pasti anda bertanya - tanya , ikan - ikan yang memenuhi kriteria diatas apa aja sih ? berikut list nama ikannya :
  • ikan lele 
  • ikan munjaer 
  • ikan bawal 
  • ikan kembung 
  • ikan mas

➽ untuk budidaya tanaman
disini saya menyarankan 2 metode yang sangat menguntungkan , berikut metodenya :
1. berbudidaya tanaman sayuran
tidak bisa dipungkiri tanaman sayur saat ini masih sangat dibutuhkan dipasaran . walaupun harga dari dari sayuran segitu - gitu aja . namun kalau penjualannya banyak pasti akan memberikan keuntungan yang besar . seperti kata pepatah " sedikit - sedikit lama lama menjadi bukit" . selain itu pemeliharaan tanaman sayuran juga tergolong mudah . apalagi menggunakan hidroponik , yang minim perawatan . ditambah kita tidak perlu menambahkan pupuk , karena pupuk alami sudah ada yaitu kotoran ikan . disinilah letak keuntungan menggunakan sistem aquaponik . oh ya sampai lupa , berikut list tanaman sayuran yang menguntungkan :
  • budidaya sawi hidroponik 
  • budidaya kangkung hidroponik 
  • budidaya bayam hidroponik 
  • budidaya cabai hidroponik 
  • budidaya timun hidroponik 
  • budidaya tomat hidroponik

2. berbudidaya tanaman hias 
tanaman hias saat ini masih tergolong mahal harganya . namun makin kesini , ternyata tanaman hias bisa memakai hidroponik . sehingga bisa kita masukan ke sistem aquaponik ini . ini merupakan suatu keuntungan . berbudidaya tanaman hias sanagat saya sarankan . mengapa ? karena seperti yang saya katakan diawal , tanaman ini masih tergolong mahal harganya . selain itu tanaman hias juga bisa menghilangkan stress dan dapat menambah nilai estetika dari suatu tempat . banyak sekali manfaatnya bukan ? . langsung saja , berikut tanaman hias yang direkomendasikan untuk dibudidayakan : 
  • Keladi red star hidroponik 
  • anggrek hidroponik 
  • aglaonema hidroponik 
  • bambu jepang hidroponik 
  • suplir hidroponik 
hal - hal  yang  membantu menunjang sistem aquaponik : 
1. kolam 
sebagai tempat pembudidayaan ikan yang nantinya akan menghasilkan pupuk alami yaitu kotoran ikan . yang nantinya akan berguna sebagai pupuk organik bagi tanaman 
2. pompa 
ini yang paling penting . fungsinya untuk membantu sirkulasi dalam sistem ini . kalau tidak ada ini , air tidak bisa naik ke atas atau ke tanaman . atau bahkan yang paling parah air tidak bisa kembali lagi ke kolam . 
3. pipa
pipa berfungsi untuk mengaliri air . jadi sirkulasi menjadi terus bisa berjalan . mengapa kok sirkulasi bisa berjalan terus ? ya karena dihubungkan sama pipa tersebut . 
4. media tanam
media tanam yang dimaksud disini bukan tanah melainkan kerikil atau pasir . karena disini memakai sistem hidroponik bukan menggunakan metode konvesional . 
5. bibit 
yang dimaksud disini bibit ikan maupun bibit tanaman . karena di sistem aquaponik kita secara otomatis membudidayakan 2 komoditas yaitu ikan dan tanaman . 

kesimpulan : 
teknologi aquaponik sangat berguna dalam bidang pertanian baik perikanan . selain itu tanaman yang dibudidayakan secara aquaponik lebih sehat dan segar karena memakai pupuk organik yaitu kotoran ikan sehingga terhindar dari pupuk kimia . ikan yang dibudidayakan secara aquaponik juga lebih sehat dan segar karena air di kolam tempat dia hidup selalu bersih . 
dan point yang terpenting dari semuanya adalah terus kerja keras , pantang menyerah . usaha sampai bisa . dan terakhir jangan lupa berdoa agar diberi keberhasilan oleh Tuhan TME . 

Jangan lupa untuk follow blog ini agar tidak ketinggalan update - update terbarunya dan juga share ke teman - teman anda agar manfaat dari blog ini bisa bertebaran ke semua orang :)

Artikel Terkait

1 comments so far


EmoticonEmoticon