Thursday, February 1, 2018

4 usaha Agrobisinis paling menguntungkan yang bisa dilakukan di rumah | paling menjanjikan

saat ini zaman sudah sangat  berkembang pesat . begitu juga dalam bidang perbisnisan . sekarang bisnis tidak hanya dapat dilakukan di pasar maupun perkantoran , tapi sekarang sudah bisa dilakukan dirumah . penyebabnya pasti tidak jauh dari teknologi . ya , teknologilah yang mendekatkan yang jauh . sehingga kita dapat melakukan bisnis dimana saja , termasuk dirumah .

begitu juga dengan usaha agrobisnis , usaha ini sekarang tidak hanya dapat dilakukan di luar rumah , tetapi juga dapat dilakukan dirumah anda sendiri . namanya juga agrobisnis , pasti tidak jauh dengan namanya pertanian atau sejenisnya . sesuai dengan niche blog ini makanya kali ini kita akan membahas 4 usaha agrobisnis yang bisa dilakukan dirumah .

1. Berjualan tanaman hias online  
usaha ini tidak sulit dan tidak mudah juga . yang pasti anda harus memiliki internet untuk menjalankan bisnis ini dan juga harus siap membudidayakan tanaman hias yang nantinya akan dijual secara online . secara umum membudidayakan tanaman hias tidak terlalu susah tergantung dari jenis tanamannya dan juga varietasnya . asal dirawat dan juga selalu dijaga pasti tanaman hias tersebut akan jadi . 


seperti layaknya bisnis online lainnya , anda harus realtime menunggu adanya orderan . kecepatan kerja otak + kecepatan tangan juga berperan penting dalam bisnis ini . kok dua hal itu berpengaruh ? karena biasanya kan pelanggan menanyakan tentang produk yang kita jual , nah disitulah dua hal tersebut memainkan perannya . karena pelanggan ingin mendapatkan jawaban yang cepat dan juga mereka ingin tahu lebih tentang produk yang kita jual . 

saran : taruhlah judul yang menarik , gambar yang menarik agar pengunjung mau mengunjungi lapak anda  dan jangan lupa untuk selalu jujur tentang produk yang kita jual karena kejujuran merupakan kunci kepercayaan pelanggan 

2. berjualan bibit secara online ataupun menjadi reseller bibit online 




seperti berjualan online lainnya syarat pertama menjalankan bisnis ini merupakan harus mempunyai internet karena hanya itu media untuk menghubungkan kita ke pelanggan . disini saya memberikan 2 metode yaitu berjualan bibit sendiri secara online atau menjadi reseller bibit secara online . 

- berjualan bibit sendiri secara online 
disini anda diwajibkan bisa memelihara atau membudidayakan bibit . karena nantinya bibit yang anda budidayakan akan dijual secara online . bibit yang dimaksud bibit disini bisa bibit ikan atau bibit tanaman . perbedaannya , kalau berbudidaya bibit ikan anda harus menyiapkan kolam sebagai media pembudidayaannya . sedangkan berbudidaya bibit tanaman anda harus menyiapkan media tanah sebagai media pembudidayaannya . 
- menjadi reseller bibit secara online 
cara ini lumayan mudah menurut saya , anda hanya tinggal membeli bibit (baik ikan maupun tanaman) yang murah kemudian menjualnya dengan harga yang lebih tinggi . anda tinggal menyiapkan lapak di internet untuk menjual bibit - bibit tersebut . mudah kan :)


3. berbudidaya ikan dan tanaman bersamaan secara aquaponik


saya sudah mencobanya . dengan menggunakan sistem aquaponik ini , anda akan mendapat 2 keuntungan yaitu keuntungan dari budidaya ikannya dan dari budidaya tanamannya . pasti anda bertanya - tanya kan , aquaponik itu apa sih ? baca artikel berikut untuk mengetahui lebih lanjut tentang aquaponik . 
Baca : Belajar aquaponik | cara ternak ikan dan berkebun dalam satu sistem 

untuk budidaya tanamannya , anda bisa membudidayakan tanaman sayuran . karena tanaman sayuran atau buah - buahan yang setiap saat permintaan pasarnya selalu tinggi . contoh seperti sawi , kangkung , cabai , tomat , strawberry , melon dan masih banyak lagi . 
sedangkan untuk budidaya ikannya , pilih lah ikan yang mudah untuk dijual , murah serta mudah perawatannya . kalo bisa yang harga jualnya mahal . dan yang paling penting untuk permintaan pasarnya stabil . seperti : ikan lele , ikan munjaer , ikan mas , ikan nila , ikan bawal , ikan patin dll . 

4. menjadi reseller macam - macam pupuk tanaman secara online 




namanya juga resseler , kata "re"  berarti kembali sendangkan kata "seller" berarti menjual . kalo digabungin memiliki arti menjual kembali . 
seperti bisnis reseller pada umumnya , kita disini membeli pupuk yang nanti akan dijual lagi . dan juga jangan lupa menyiapkan internet sebagai media berbisnis .  
tukang budidaya memiliki beberapa tips agar bisnis ini menjadi bisnis yang menjanjikan , simak penjelasannya 
- pertama 
belillah pupuk di agen penjual pupuk atau secara online . karena membeli pupuk pada kedua penyalur tersebut lebih murah sehingga kita bisa mendapat lebih banyak keuntungan . dan satu lagi . bila anda membeli pupuk secara online , anda harus berhati - hati . belilah di tempat toko online yang sudah terpecaya , sudah banyak testimoninya . jangan yang abal abal . 
- kedua 
sering - seringlah belajar . yang dimaksud belajar disini adalah bukan hanya belajar tentang pupuk saja . tapi juga tentang pertanian atau sejenisnya . jangan lupa juga , untuk selalu update tentang harga pupuk . karena kalau kita tidak tau harga , kita bisa ditipu oleh pelanggan . 

kesimpulan : 

kesimpulan yang dapat kita tarik dari penjelasan diatas bahwa bisnis agrobisnis ini merupakan bisnis yang mudah untuk dilakukan . walaupun mudah jika tidak keniatan serta ketekunan yang kuat pasti akan gagal . untuk itu dibutuhkan keniatan serta ketekunan yang kuat . dan jangan lupa juga untuk berdoa kepada tuhan YME agar bisnis tetap lancar tanpa ada kendala . 

Jangan lupa untuk follow blog ini agar tidak ketinggalan update - update terbarunya dan juga share ke teman - teman anda agar manfaat dari blog ini bisa bertebaran ke semua orang :)

picture from : pixabay 

Artikel Terkait

2 comments


EmoticonEmoticon