Wednesday, January 3, 2018

Cara memasarkan ikan Lele hasil Ternak dengan mudah dan cepat | Kunci penjualan !

ikan lele merupakan salah satu ikan air tawar yang mudah dipasarkan  mengapa ? karena saat ini ikan lele masih banyak dibutuhkan di pasaran . karena alasan itulah saat ini masih banyak orang yang mau berternak lele , bahkan makin kesini , usaha ternak lele ini makin menjamur .

saya ingatkan , cara yang saya masukin ke dalam list ini merupakan cara yang paling mudah dan tidak ribet  . sehingga bagi anda yang baru pertama kali mencoba memasarkan ikan ini , akan lebih mudah untuk melakukannya . langsung saja gak usah banyak bacot , berikut listnya : 

1. Jual sendiri
cara ini cukup mudah untuk dilakukan . karena anda hanya tinggal mencari tempat untuk berjualan ikan ini . bisa di pinggir jalan , depan rumah , ruko , pasar . baik menyewa maupun punya sendiri . tapi cara ini juga perlu kegigihan agar penjualan kita laku . saran saya agar laku , terus berusaha dan berdoa . contonya dengan dengan meningkatkan promosi , meningkatkan pelayanan , kuat dalam berdoa dll .

2. Jual ke penjual ikan


kalau kita pake cara ini kita harus pintar - pintar bermain harga dengan penjual . namanya juga pedagang "beli murah , jual mahal" itulah konsep yang dipakai pedagang . tapi untuk prospek kedepannya , cara ini cukup recommended . mengapa ? karena kita tinggal memasok ke penjual  tersebut . dan yang pasti kita tidak perlu mencari - cari pembeli lagi .

3. Tawarkan kepada orang terdekat
yang dimaksud orang terdekat disini bisa  keluarga , teman , sodara dll . pokoknya orang terdekat lah :) . cara ini mungkin untuk orang yang "sungkanan atau sungkan" mungkin agak sulit . karena akan digeluti rasa khawatir . mengapa ? mungkin mereka khawatir akan dinilai perhitungan oleh orang - orang terdekatnya . contoh :"bro lu sama temen itungan banget , udah gratisin aja ya"
cara ini tidak saya rekomendasikan karena bisa merusak rasa persaudaraan dan memiliki resiko . tapi bagi anda yang memiliki nyali silahkan untuk dicoba . saran saya kalau anda  memakai cara ini , tawarkan dengan cara halus , jangan memaksa .

4. Cobalah untuk jual ke tukang pecel  lele

kalau anda memakai cara ini , anda harus pintar ngomong dan bisa bernegoisasi agar mendapatkan harga yang terbaik  . karena yang kita tahu harga pecel lele tidak terlalu mahal sehingga membuat para penjual pecel lele mencari harga lele yang agak murah . saran saya anda jangan terlalu mengharapkan harga yang terlalu tinggi jika menjual kepada pedangan pecel lele ini . tapi kalau sudah langganan , kita sudah enak tinggal memasok - masok saja ke pedagang tersebut .

5. Diolah sendiri



jika anda memakai cara ini kita bisa mendapatkan 2 keuntungan :
1. hasil dari ternak lele . jadi kita tidak perlu membeli lele lagi , karena kita sudah punya sendiri . hal ini sangat efektif untuk mengurangi biaya membeli bahan produk olahan yang akan kita buat .
2 . hasil dari penjualan produk olahan kita . yang kedua merupakan keuntungan dari produk olahan yang kita buat . contoh nya seperti : abon lele , kerupuk lele dll
namun jika anda memakai cara ini , anda juga harus pintar - pintar merancang strategi marketing . kenapa ? karena saat anda memasarkan hasil olahan anda , anda secara langsung bersaing dengan penghasil olahan lainnnya . saran saya teruslah berusaha , tingkatkan kualiatas produk anda dan tetaplah berdoa kepada tuhan YME . karena dialah yang menentukannya . oh ya jangan lupa , masukan sikap pantang menyerah dalam menjalankan bisnis ini .

Cara - cara diatas tidak akan berguna jika anda malas mencobanya . teruslah mencoba karena dengan mencoba kita akan tahu hal tersebut . semua cara diatas akan berhasil jika anda terus berusaha dan berdoa . karena dengan dua hal tersebut anda dapat meraih keberhasilan . 

Jangan lupa untuk follow blog ini agar tidak ketinggalan update - update terbarunya dan juga share ke teman - teman anda agar manfaat dari blog ini bisa bertebaran ke semua orang :)

picture from : pixabay , infoperbankan , ramesia

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon