Saturday, January 6, 2018

Tips cara menyelamatkan tanaman yang layu | jangan menyerah !

Tanaman juga merupakan makhluk hidup . yang berarti juga memerlukan perawatan . namun kadang tanaman yang kita pelihara layu . bagaimana perasaan kita saat melihat tanaman kita layu , pasti membuat kita sedih bukan ? kita sudah capek - capek merawat nya sampai mengorbankan waktu serta uang kita , eh malah layu . namun jangan menyerah dulu . semua masalah pasti ada solusinya . berikut tips cara menyelamatkan tanaman yang layu , cekidot.

1. perawatan diperbaik
kemungkinan besar tanaman bisa layu adalah karena perawatan yang kurang baik atau bahkan jelek . makanya solusi pertamanya adalah memperbaiki perawatan pada tanaman tersebut . bisa dengan rajin menyirami , rajin memberi pupuk dll

2. Ganti tanah + tambah pupuk
kemungkinan tanah yang dipakai kesuburan sudah berkurang . sehingga membuat tanaman kita layu . solusinya ganti tanah yang lebih subur . kemudian tambahkan pupuk agar makin cepat untuk penyembuhannya . dan jangan  lupa rawat dengan baik karena ini merupakan kunci agar tanaman tetap hidup .

3. siramkan air bekas cucian beras
mengapa saya memeberikan solusi ini ? karena dalam air bekas cucian beras mengandung banyak kandungan yang dapat membuat si tanaman layu tersebut subur kembali . contohnya seperti protein , mineral , karbohidrat , vitamin dan masih banyak lagi . di dalam air bekas cucian beras juga terdapat beberapa mikroorganisme yang berperan dalam menyuburkan tanah sehingga tanaman tidak jadi layu .

4. Pindahkan tanaman ke tempat yang lebih sejuk (kurangi terpapar sinar matahari)
mengapa ini perlu dilakukan ? karena tanaman yang layu itu bagaikan "orang yang sedang sakit" . jika tanaman layu tersebut terpapar sinar matahari yang sangat terik , ini akan berpengaruh pada kelembapan tanahnya . yang akan terjadi si tanah akan mengering dan si tanaman akan kehabisan air . saran saya sementara tempatkan ke tempat yang lebih sejuk tapi tetap terkena sinar matahari sedikit . sambil terus di rawat dengan lebih baik .

5. jangan terlalu sering menyiram tanaman
Terdengar aneh bukan ? tapi begitulah faktanya . sesusatu yang berlebihan memang tidak baik , termasuk dalam menyiram tanaman . setiap tanaman memiliki "takarannya" masing - masing dalam memenuhi kebutuhan air . bahkan tanaman yang ada di gurun seperti kaktus dan adenium sangat sensitif dengan air disekitarnya . saran saya , siramlah tanaman secukupnya . misalnya dengan pemberian di pagi hari dan di sore hari . menurut saya itu sudah sangat cukup untuk tanaman.

tanaman tidak akan layu bila anda rajin dan ulet dalam mengurus tanaman tersebut . tanaman bisa layu karena orang yang mengurusnya malas sehingga tanaman tersebut layu atau bahkan hal terparahnya tanaman tersebut mati . semua tergantung anda . kasian tuh tanaman , udah kaya mantan yang dicampakkan , ea baper :v 

Jangan lupa untuk follow blog ini agar tidak ketinggalan update - update terbarunya dan juga share ke teman - teman anda agar manfaat dari blog ini bisa bertebaran ke semua orang :)


foto : pixabay

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon